Search

Loading...
Wednesday, April 21

postheadericon Hostgator 500 Internal Server Error

Kali ini saya ingin share pengalaman saya menginstall script di Web hosting Hostgator.

Web hosting Hostgator adalah sebuah weh hosting terkenal yang beralamat di http://hostgator.com. Web hosting ini merupakan salah satu web hosting terkenal dan merupakan salah satu web hosting paling baik saat ini.

Pengalaman saya ini dapat disebut sebagai pengalaman yang sangat baik bagi saya atau anda yang sedang jadi coder ataupun sedang mau jadi coder. Pengalaman ini berawal ketika saya dapat tugas untuk menginstal script yang baru saya coding, script ini sebelumnya sudah pernah saya install di situs saya, yang saya hosting di Free hosting 000webhost.com dan berjalan dengan sangat baik.

Sebelumnya saya ingin beritahu bahwa script yang saya install ini adalah sebuah script download mobile. Script ini saya install dengan melakukan Copy antar Ftp. Script-scriptnya berhasil saya copykan ke situs baru atau ke hosting hostgator, seperti di hosting sebelumnya bahwa jenis script yang saya coding ini Control Panelnya hanya akan bekerja jika folder public-html di chmod ke 0777, lalu kemudian folder public_html di hostgator saya chmod ke 0777.

Akan tetapi ketika saya buka situs itu, muncul pesan error "500 Internal Server Error", dan didalamnya tertulis bahwa terjadi "misconfiguration". Menurut pengalaman saya pesan error 500 hanya akan muncul jika terjadi misconfiguration di file .htaccess, sehingga saya coba untuk menghapus file .htaccess dan saya coba buka kembali situs tersebut dan masih muncul pesan error 500, sehingga saya simpulkan bahwa kesalahan bukan terletak di file .htaccess.

Beberapa jam saya bingung mengenai cara memperbaiki hal ini, saya coba untuk googling dan saya dapat sebuah blog berbahasa inggris yang mengalami hal sama ketika menginstall script blognya di hostgator, disana kesalahannya terletak pada file index.php nya yang ternyata punya error, saya pun mengecek file index.php punya saya dan ternyata tidak ada error sedikitpun karena sebelumnya script ini bekerja sangat baik di situs saya sebelumnya.

Bingung lagi :D, kemudian saya masuk ke forum hosting hostgator, saya coba cari mengggunakan keyword "500 error message" dan saya temukan sebuah thread yang disana dijelaskan tentang hal-hal yang menyebabkan pesan error 500 muncul, masalahnya ya seperti yang diatas di tambah dengan masalah sistem permission file, yaitu folder public_html tidak boleh di chmod ke 0777 harus 0750 dan file yang berekstensi .php juga tidak boleh di beri permission 777 harus 644, yang katanya hal ini berfungsi sebagai sistem security situs. Saya lalu masuk ke File Manager lalu mengatur permission untuk tiap folder dan file didalamnya seperti diatas, kemudian saya coba buka kembali dan ternyata berhasil. Yessssss....

Ternyata disitulah letak permasalahannya :D, satu pengalaman yang sangat mantap untuk ilmu coder bukan?

Intinya, beberapa masalah yang mungkin menyebabkan timbulnya pesan error 500 adalah:
1. Misconfiguration .htaccess
2. Error script
3. Permission problem :D

Segitu aja pengalaman coder saya kali ini, semoga bermanfaat buat anda yang sedang mengalami hal yang seperti ini juga, atau anda yang sedang belajar coding seperti saya ini. :D

Ada pertanyaan comment di box dibawah ini ^_^.

3 comments:

Mobile Advertising said...

Pengalaman yang mantap Gan.

Mobile Advertising

Anonymous said...

Terima kasih... tetap share pengalaman

Anonymous said...

Terimakasih banyak atas sharing ini ..........