Saturday, April 17

postheadericon Shorten Your URLs

URL singkatan dari Uniform Resource Locator adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokument dan gambar di Internet. URL adalah salah satu bagian terpenting dalama internet.

Di post ini saya tidak ingin membahas apa itu URL secara mendalam, karena terdapat banyak sekali bahasan tentang hal ini dan sudah terlalu sering dibahas di blog-blog lain. Akan tetapi kali ini saya ingin membagi sedikit informasi tentang Modifikasi URL.

Ada satu cara memodifikasi URL yaitu dengan mempersingkat (URL Shorten), URL yang terlalu panjang bisa dipersingkat menjadi sangat pendek sehingga bisa diingat dengan mudah. Terdapat banyak sekali situs online yang menyediakan tool URL Shorten. Salah satu yang paling terkenal adalah tinyurl.com, situs ini menyediakan tool untuk menyingkat URL anda yang sangat panjang menjadi sangat pendek, bahkan anda bisa menentukan sendiri URL baru anda sehingga mudah anda ingat.

Akan tetapi disini saya ingin memperkenalkan hasil project baru saya, yang fungsinya untuk URL shorten Juga. Project baru ini saya coding dengan memanfaatkan Fungsi API adf.ly. Adf.ly sendiri adalah sebuah situs yang juga menyediakan tool untuk mempersingkat URL. (Lebih Jelas baca disini)

Project ini adalah sebuah situs baru, dengan alamat http://adfly.at.st. Di situs ini anda dapat mempersingkat URL anda yang sangat panjang menjadi sangat Pendek, anda tinggal memasukkan URL anda yang panjang lalu klik Short URL!, maka anda bisa mendapatkan URL yang sangat minimalis.

Ex : http://adf.ly/23vn (Halaman ini)

Silahkan Masuk ke situs URL Shorten saya, dan ambil URL minimalis anda sebanyak mungkin.

Ada pertanyaan, tulis di kotak komentar dibawah... ^_^

0 comments: