Wednesday, April 21

postheadericon Hostgator 500 Internal Server Error

Kali ini saya ingin share pengalaman saya menginstall script di Web hosting Hostgator.

Web hosting Hostgator adalah sebuah weh hosting terkenal yang beralamat di http://hostgator.com. Web hosting ini merupakan salah satu web hosting terkenal dan merupakan salah satu web hosting paling baik saat ini.

Pengalaman saya ini dapat disebut sebagai pengalaman yang sangat baik bagi saya atau anda yang sedang jadi coder ataupun sedang mau jadi coder. Pengalaman ini berawal ketika saya dapat tugas untuk menginstal script yang baru saya coding, script ini sebelumnya sudah pernah saya install di situs saya, yang saya hosting di Free hosting 000webhost.com dan berjalan dengan sangat baik.

Sebelumnya saya ingin beritahu bahwa script yang saya install ini adalah sebuah script download mobile. Script ini saya install dengan melakukan Copy antar Ftp. Script-scriptnya berhasil saya copykan ke situs baru atau ke hosting hostgator, seperti di hosting sebelumnya bahwa jenis script yang saya coding ini Control Panelnya hanya akan bekerja jika folder public-html di chmod ke 0777, lalu kemudian folder public_html di hostgator saya chmod ke 0777.

Akan tetapi ketika saya buka situs itu, muncul pesan error "500 Internal Server Error", dan didalamnya tertulis bahwa terjadi "misconfiguration". Menurut pengalaman saya pesan error 500 hanya akan muncul jika terjadi misconfiguration di file .htaccess, sehingga saya coba untuk menghapus file .htaccess dan saya coba buka kembali situs tersebut dan masih muncul pesan error 500, sehingga saya simpulkan bahwa kesalahan bukan terletak di file .htaccess.

Beberapa jam saya bingung mengenai cara memperbaiki hal ini, saya coba untuk googling dan saya dapat sebuah blog berbahasa inggris yang mengalami hal sama ketika menginstall script blognya di hostgator, disana kesalahannya terletak pada file index.php nya yang ternyata punya error, saya pun mengecek file index.php punya saya dan ternyata tidak ada error sedikitpun karena sebelumnya script ini bekerja sangat baik di situs saya sebelumnya.

Bingung lagi :D, kemudian saya masuk ke forum hosting hostgator, saya coba cari mengggunakan keyword "500 error message" dan saya temukan sebuah thread yang disana dijelaskan tentang hal-hal yang menyebabkan pesan error 500 muncul, masalahnya ya seperti yang diatas di tambah dengan masalah sistem permission file, yaitu folder public_html tidak boleh di chmod ke 0777 harus 0750 dan file yang berekstensi .php juga tidak boleh di beri permission 777 harus 644, yang katanya hal ini berfungsi sebagai sistem security situs. Saya lalu masuk ke File Manager lalu mengatur permission untuk tiap folder dan file didalamnya seperti diatas, kemudian saya coba buka kembali dan ternyata berhasil. Yessssss....

Ternyata disitulah letak permasalahannya :D, satu pengalaman yang sangat mantap untuk ilmu coder bukan?

Intinya, beberapa masalah yang mungkin menyebabkan timbulnya pesan error 500 adalah:
1. Misconfiguration .htaccess
2. Error script
3. Permission problem :D

Segitu aja pengalaman coder saya kali ini, semoga bermanfaat buat anda yang sedang mengalami hal yang seperti ini juga, atau anda yang sedang belajar coding seperti saya ini. :D

Ada pertanyaan comment di box dibawah ini ^_^.
Saturday, April 17

postheadericon Shorten Your URLs and Earn Money with Adf.ly

Shorten Your URLs and Earn Money, inilah slogan umum situs adf.ly. Tentu dari slogan ini nampak jelas bahwa situs ini menyediakan tool untuk mempersingkat URL, akan tetapi di situs ini kita tidak hanya mendapatkan manfaat bahwa URL kita akan dipersingkat menjadi lebih pendek akan tetapi kita bisa mendapatkan Uang (Dollar $$$) setiap kali URL yang kita persingkat kita pasang dan di klik oleh orang lain. Semakin banyak URL yang kita singkat dan didukung oleh semakin banyak orang yang mengklik URL tersebut, maka semakin banyak dollar yang kita dapatkan dari situs ini.

Jika anda tertarik silahkan Daftar Disini

Tentu anda bertanya mengapa Situs ini mau membayar untuk tiap link yang kita perpendek? Jawabannya mudah sekali, kalau link yang kita singkat ini di click oleh orang lain, maka mereka akan diarahkan kehalaman di mana situs adf.ly menampilkan iklan-iklannya, dan untuk menuju URL kita, terdapat tombol Skip Ad di pojok kanan atas yang harus di click untuk membuka URL kita. Dari iklan-iklan yang situs ini tampilkanlah, mereka mendapat bayaran yang kemudian bayaran ini mereka gunakan untuk membayar link yang kita perpendek tadi.

Proses ini mungkin mengganggu User yang sedang berkunjung ke halaman kita, yang akan mengakibatkan hal negatif pada situs kita untuk beberapa alasan, namun jika dibandingkan dengan hasil yang kita dapatkan dari situs ini, hal itu bisa jadi seimbang.

Note: Satu catatan bahwa hal ini tidak berpengaruh pada browser mobile semisal Opera Mini, sehingga jika di klik di browser mobile langsung terarah ke link yang diperpendek, yang membuat kita tidak mendapat bayaran untuk hal itu. Hal ini menurut saya disebabkan karena Iklan yang ditampilkan oleh adf.ly ini menggunakan frame, dimana jika dibuka memakai opera mini, server Opera mini akan langsung menskipnya lalu membuka URL yang diperpendek tadi.

Cukup segini saja yang bisa saya jelaskan, jika ada Komentar dan pertanyaan, kotak Komentar dibawah menunggu huruf masuk kedalammnya... ^_+

SHORT AND GET MONEY

<= URL SHORTEN PROJECT

postheadericon Shorten Your URLs

URL singkatan dari Uniform Resource Locator adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokument dan gambar di Internet. URL adalah salah satu bagian terpenting dalama internet.

Di post ini saya tidak ingin membahas apa itu URL secara mendalam, karena terdapat banyak sekali bahasan tentang hal ini dan sudah terlalu sering dibahas di blog-blog lain. Akan tetapi kali ini saya ingin membagi sedikit informasi tentang Modifikasi URL.

Ada satu cara memodifikasi URL yaitu dengan mempersingkat (URL Shorten), URL yang terlalu panjang bisa dipersingkat menjadi sangat pendek sehingga bisa diingat dengan mudah. Terdapat banyak sekali situs online yang menyediakan tool URL Shorten. Salah satu yang paling terkenal adalah tinyurl.com, situs ini menyediakan tool untuk menyingkat URL anda yang sangat panjang menjadi sangat pendek, bahkan anda bisa menentukan sendiri URL baru anda sehingga mudah anda ingat.

Akan tetapi disini saya ingin memperkenalkan hasil project baru saya, yang fungsinya untuk URL shorten Juga. Project baru ini saya coding dengan memanfaatkan Fungsi API adf.ly. Adf.ly sendiri adalah sebuah situs yang juga menyediakan tool untuk mempersingkat URL. (Lebih Jelas baca disini)

Project ini adalah sebuah situs baru, dengan alamat http://adfly.at.st. Di situs ini anda dapat mempersingkat URL anda yang sangat panjang menjadi sangat Pendek, anda tinggal memasukkan URL anda yang panjang lalu klik Short URL!, maka anda bisa mendapatkan URL yang sangat minimalis.

Ex : http://adf.ly/23vn (Halaman ini)

Silahkan Masuk ke situs URL Shorten saya, dan ambil URL minimalis anda sebanyak mungkin.

Ada pertanyaan, tulis di kotak komentar dibawah... ^_^
Saturday, April 10

postheadericon Web-Mobile Blog

Setelah 1 bulan mengalami maintenance akhirnya blog wordpressku aktif juga. Silahkan di check di http://web-mobile.co.cc.

Ini hasil project skyder juga. Ini project buat latihan ngeblog pake wordpress. Pakai domain dan host gratisan. Gak punya modal buat beli yang .com atau .net etc.

Tapi mudah2an dapat berguna.

Checkidot. ^_+
Wednesday, April 7

postheadericon Blogging via Email Mobile

This time i want to share my experience about blogging from mobile.

Just now i am blogging from my mobile phone, and this post i posted
from my mobile phone too. I do it because i dont have PC or Laptop to
blogging in desktop. But here i am not using Google Mobile Blog. I
just use Gmail Applications to do it.

Maybe you are wondering how i do it, are you? ^_^
Below i write the way to Blogging via Email mobile.

1st. You must configure your blog, set your blog setting in order you
can blog via email, by configure Your blog email in Email tab Setting.
2nd. Download Gmail applications at http://m.google.com, click Gmail
and you will find a link to download this application, click it and
follow all instruction that showing to install it to your mobile
phone.
3rd. After installed successfuly, open it and then type your Gmail id
and password to login to your account.
4th. After login, make an email send it to your blog email.
Remember that your mail subject will be a title for your post. And the
content of your email will be your blog post content.

Just it. It easy right?
Just try it now.

Hope this post useful for you. Any question post it at comment box below.

^_+

--
Dikirim dari perangkat seluler saya

Monday, April 5

postheadericon Register to Google Adsense

Today i succesfuly registered to Google Adsense.

Now i am waiting for Approved, Hope Google Adsense team allow me to be one of their ad publisher, cause i need it right now, i need some money to pay my school fee.

Its all because my school.

Mr and Mrs in Google Adsense team, please approve my account.

A great thanks for you if you want to allow me to be one of your ad publisher.

Hope God Bless you.

Thanks ^_^

postheadericon Order Site

A few days ago, i just decide to make a sell service to anybody who need personal mobile site, mobile biography site, mobile download site, mobile community site etc with a cheap prize.

I got this idea a few days ago when i was looking for any idea to get money from internet. With a basic knowledge of Web Programming language, that i have just know, i hope i can use it to get some money to pay my school fee.

If you need some mobile site, Just Email me at coolderhan@ymail.com, maybe i can help you to get it.

What are you waiting for, just Email me right now, the first people order will get one free mobile site..

^_^ Write Your Comment Please...